Kamis, 18 Desember 2014

[REVIEW] The Chronicles Of Audy: 4R by Orizuka



Judul: The Chronicles Of Audy: 4R
Penulis: Orizuka
Penerbit: Haru
ISBN: 9786027742215
Tahun terbit: Juli 2013
Jumlah halaman: 320 hlm
Harga: Rp. 53.000,00


Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

***

"Sebenarnya, aku tidak yakin mana arah yang tepat, jadi aku membiarkan kakiku melangkah dengan sendirinya sementara serpihan-serpihan hatiku tercecer di sepanjang jalan." (hal.194)

Audy adalah seorang gadis yang tinggal jauh dari orangtuanya untuk meneruskan kuliahnya. Sebenarnya, Audy hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjananya hingga bencana itu datang dalam kehidupannya. Awalnya, kehidupan Audy baik-baik saja hingga orangtuanya mengalami kebangkrutan karena tertipu. Sebenarnya, semuanya akan baik-baik saja apabila uang yang dijanjikan oleh orangtuanya untuk membayar kos-kosannya telah ada di tangannya, namun naasnya, uang itu juga telah hilang bersama tipuan-tipuan yang di dapatnya orangtuanya. Dan, di sinilah Audy sekarang. Di sebuah rumah aneh dengan empat penghuni yang hampir membuatnya gila sekaligus terpesona.

Sumber: di sini

Rumah itu dihuni oleh empat bersaudara, yaitu Regan (Sulung, ganteng, karismatik, tegas, dan diberi inisial R1), Romeo (Hacker, jarang mandi, tetapi peduli, dan diberi R2), Rex (Penghuni rumah paling dingin, misterius, ganteng, jenius, dan diberi insial R3), dan Rafael (Bungsu, umurnya baru sekitar empat setengah tahun tetapi isi otaknya benar-benar tidak bisa dibayangkan! Rafeael ini memiliki semua sifat kakak-kakaknya dan ia diberi inisial R4). Di rumah itu, Audy menemukan banyak sekali kejadian yang menjungkir-balikkan dirinya. Kontrak perjanjian yang hanya menyebutkannya sebagai 'babysitter' ternyata malah menjadikannya sebagai 'seorang pembantu' secara sepihak! Lantas, bagaimanakah kehidupan dari seorang Audy selanjutnya? Yuk, baca ceritanya di buku ini!

sumber: di sini

Ini adalah buku keempat Orizuka yang saya baca setelah Oppa&I Series. Dan, yeayy! Saya suka! Orizuka mampu menggambarkan setiap tokohnya dengan rapi dan dengan daya pikat tersendiri. Di novel ini, Orizuka bercerita dengan menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, yaitu Audy.

Sebelum membaca buku ini, saya sempat bertanya-tanya kenapa sih banyak orang yang jatuh cinta sama tokoh Rex? Kok tokoh Rex ini malah jadi tokoh yang paling top ya di antara tokoh-tokoh lainnya? Dan, ya, saya menemukan jawabannya. Entah kenapa, setiap kali membaca bagian yang melibatkan Rex, saya jadi teringat akan seseorang. Dan, tentu saja, Rex adalah tokoh favorite saya yang pertama. Kemudian, disusul Audy, Rafael, Regan, dan yang terakhir adalah Romeo.

Rex dalam bayangan saya, haha.
Sumber: di sini

Ketika berada di halaman terakhir, saya merasa kesal sendiri. Kenapa secepat ini? Padahal, saya sedang asyik-asyiknya menggilai 4R dan si Audy ini ketika saya sampai di halaman terakhir. Jadilah, besoknya saya langsung pergi ke toko buku untuk membeli lanjutan cerita dari si Audy ini.

Terlepas dari semua itu The Chronicles Of Audy: 4R juga memiliki banyak kelebihan. Seperti kavernya yang sederhana tetapi memiliki warna merah muda dengan bling-bling di pinggiran bukunya. Oh iya, saya dapat pembatasnya Regan, lho!


"Aku tahu, mulai hari ini, kehidupanku pasti akan berubah. Walaupun tidak yakin ke arah mana, aku akan siap menghadapinya." (hal. 317)


1 komentar: